Prinsip Kerja Mesin Diesel

Oleh: Jayan Sentanuhady

Motor diesel dikategorikan dalam motor bakar torak dan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) (simplenya biasanya disebut “mobor bakar” saja). Prosip kerja motor diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Energi kimia di dapatkan melalui proses reakasi kimia (pembakaran) dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar).

double_piston.pngPada motor diesel ruang bakarnya bisa terdiri dari satu atau lebih tergantung pada penggunaannya dan dalam satu silinder dapat terdiri dari satu atau dua torak. Pada umumnya dalam satu silinder motor diesel hanya memiliki satu torak.

Prinsip Kerja
Tekanan gas hasil pembakaran bahan bakan dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik (reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol (crank shaft). Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi.

Berdasarkan cara menganalisa sistim kerjanya, motor diesel dibedakan menjadi dua, yaitu motor diesel yang menggunakan sistim airless injection (solid injection) yang dianalisa dengan siklus dual dan motor diesel yang menggunakan sistim air injection yang dianalisa dengan siklus diesel (sedangkan motor bensin dianalisa dengan
siklus otto).
pv_diesel_2stroke.png

Perbedaan antara motor diesel dan motor bensin yang nyata adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar, pada motor bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang dihasilkan oleh dua elektroda busi (spark plug), sedangkan pada motor diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. Karena prinsip penyalaan bahan bakarnya akibat tekanan maka motor diesel juga disebut compression ignition engine sedangkan motor bensin disebut spark ignition engine.

Komentar

7 komentar untuk “Prinsip Kerja Mesin Diesel”

  1. dedi [ 14 May 2008 04:17 ]

    terima kasih dengan penjelasan-penjelasan tentang diesel engine,klo bisa saya cuma beri saran mungkin yang tidak terlalu bermutu buat anda,,, yaitu, rumus-rumus dalam penentuan daya serta penurunan dan sebagainya,, klo bisa dicantumkan.. mungkin kami lebih mengerti tentang kerja mesin diesel… thak’s be4… (^_^)

  2. cumi....nyo [ 24 May 2008 12:48 ]

    Mengapa pada motor diesel dikatagorikan dalam motor bakar torak dan mesin pembakaran dalam (internal combius engine )

  3. ipat [ 2 Jul 2008 22:30 ]

    saya harap ada uraian yang lebih soalnya saya ingin tahu lbh banyak masalah diesel

  4. suwondo [ 24 Aug 2008 23:57 ]

    pak,apa saya disini bsa mendapatkan penjelasan mengenai cara krj fuel injektion pump(bospom),skalian sma gambarnya.atas prhatianya trism’s…

  5. b0cah [ 24 Feb 2009 22:56 ]

    penjelasanan sederhana tentang cara kerja mesin diesel ada juga di http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=641&Itemid=56
    semoga bermanfaat

  6. keemoel [ 25 May 2009 07:25 ]

    bisakah saya mendapatkan infomasi tentang injektor pada mesin diesel ccm sulzer 12 ZV 40/48?
    baik dari bentuk, ketahanannya, gambar beserta nama bagian dan fungsinya, dan cara kerja pada saat mesin beroperasi….
    terima kasih….

  7. Yulia ASJ [ 27 May 2009 23:44 ]

    Terimakasih atas infonya.

Beri Komentar




*

Copyright © 2007 gudangilmu.org • Powered by gadjahmada.com

Close
E-mail It