Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-2)

Oleh: Jayan Sentanuhady

Sebelum membaca artikel ini silahkan baca terlebih dahulu artikel Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-1) dan artikel tentang pembilasan searah

Motor bakar yang beroperasi dengan siklus operasi dua langkah digambarkan sebagai berikut :

2tak_diesel_engine.gif

a. Langkah Pembilasan dan Kompresi
Pada awal langkah ini udara masuk silinder melalui lubang masuk pembilasan (port scavenging) yang terdapat di bagian bawah silinder. Lubang ini akan terbuka saat torak bergerak ke bagian bawah mendekati TMB dan akan tertutup saat torak bergerak ke atas meninggalkan TMB.

Pada saat lubang pembilasan tertutup oleh torak yang bergerak ke atas menuju TMA dan katup buang juga tertutup maka dimulailah proses kompresi. Gerakan torak ke atas akan menyebabkan tekanan udara dalam silinder meningkat sehingga temperatur udaranya juga naik. Dan beberapa derajat sebelum torak mencapai TMA bahan bakar mulai disemprotkan (dikabutkan) dengan injektor kedalam silinder, karena temperatur udara sangat tinggi sehingga bahan bakar yang dikabutkan tersebut akan terbakar.

Proses pembakaran ini akan menyebabkan kenaikan tekanan dan temperatur gas secara drastis, kondisi maksimal akan terjadi beberapa saat setelah torak mulai bergerak ke bawah. Gas bertekanan tinggi ini akan mendorong torak bergerak ke bawah dan melalui batang torak akan memutar poros engkol.

Dilanjutkan pada Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-3)

Komentar

15 komentar untuk “Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-2)”

  1. rasyacorrs [ 8 Jan 2008 01:03 ]

    isinya sih bagus, tapi pada beberapa artikel sejenis pada situs lain ada terdapat animasi. soalnya terkadang enak juga dilihat pakai animasi, tak membosankan, trus juga mudah dimengerti. tapi kalau bisa isinya terus ditambah.

  2. Jayan [ 8 Jan 2008 02:55 ]

    Terima kasih atas sarannya. Memang di situs lain ada yang menggunakan animasi, tetapi kami khan tidak begitu saja bisa mencopy krn masalah copy right. Kedepan jika ada waktu, akan kami pasang animasi shg bisa lebih mudaj dipahami. Btw, terima kasih atas sarannya. Jika Anda tertarik untuk menulis silahkan.

  3. albert [ 26 Feb 2008 22:26 ]

    saya ingin tanya, situs apa yang menggunakan animasi, untuk bahan pengajaran. trims

  4. fanie [ 27 Feb 2008 08:59 ]

    saya sependapat dengan anda, jadi kesimpulannya untuk mesin diesel 2 taK tidak menggunakan katup(valve exhaust dan intake)

  5. ALFIAN [ 4 Apr 2008 06:41 ]

    siklus 2 tak mesin diesel part 3 buruan keluar donk?!!
    lagi pgn buat makalah nih!!!

    plissss….!!!!
    ok?!

  6. ALFIAN [ 4 Apr 2008 06:42 ]

    kapan selesainya?

  7. Jayan [ 16 Apr 2008 06:53 ]

    wah ini masih agak lama part 3 nya. Maaf.

  8. yen [ 21 Apr 2008 09:28 ]

    wah kapan ne…part 3 nye. kelar…… kaya trilogi laskar pelangi aje. ditunggu-tunggu. tapu penting boss. cepat kelar yah………….

  9. Frans [ 22 Apr 2008 01:37 ]

    Buat Sdr Fanie,

    Saya tidak sependapat dengan anda, Mesin 2 tak (Diesel, Gas maupun Bensin/Premium) Memang tidak menggunakan intake valves, tapi katup exhaust bisa saja digunakan sesuai desain mesin, bisa 1, 2 ,3 atau bahkan lebih sesuai kebutuhannya. kalau anda atau teman-teman yang lainnya ingin penjelasan lebih lanjut atau ingin tukar pikiran masalah mesin bisa hubungi saya.

    salam
    Frans

  10. Fransiscus [ 22 Apr 2008 06:04 ]

    Sdr. Fanie

    Saya tidak sependapat dengan apa yang anda simpulkan bahwa Mesin 2 tak tidak mempunyai Exhaust valves, karena pada prinsip kerjanyanya mesin 2 tak justru akan lebih effisien apabila menggunakan “exhaust valves” saya siap untuk sharing “Ilmu dan pengalaman” jika anda atau rekan-rekan yang berminat bisa hubungi saya di e-mail saya ini : mfransiscus@yahoo.com

    Salam

  11. Jayan [ 23 Apr 2008 04:57 ]

    Pada dasarnya valve memang bisa dipasang disegala mesin 2 tak baik gasoline atau diesel. Untuk meningkatkan eff volumetrik. Tetapi untuk mesin kecil valve mungkin tidak begitu efektif walau bisa saja didesain dengan valve. Itu yang bisa saya tambahkan, hayo….siapa lagi yang mau nambahi…

  12. OKA [ 12 May 2008 05:04 ]

    ada hal menarik dalam kepala saya yang belum pernah saya lihat wujudnya….
    saya pernah membaca masalah GDI (gasoline Direct Injection) dimana bahan bakar (bensin) langsung disemprotkan kedalam ruang bakar, seperti pada mesin diesel. (nice.. ini bisa meredam polusi akibat ketidak sempurnaan pembakaran mesin 2 tak) hal ini diaplikasikan pada mesin 4 tak oleh Mitsubshi, VW dan berapa pabrikan lain.
    pada mesin 2 tak ini diaplikasikan oleh orbital salah satunya pada mobil desain untuk indonesia (Maleo-saya dengar ini rancangan Bp. Habibi)
    tapi saya masih melihat celah pada desain ini..
    ada ide dikepala saya, bagai mana bila mesin 2 langkah menggunakan direct injection dan tidak menggunakan oli samping/oli bakar…
    dalam pengetahuan saya oli samping hanya berguna untuk melumasi poros engkol batang torak dan didnding silinder… masalah fungsi pendingin bisa di tangani lebih baik oleh sistem pendingin.
    dalam ide saya bagaimana bila ruang engkol dibanjiri oleh oli yang sama denga oli mesin seperti pada mesin 4 tak, sedangkan tekanan primer yang awalnya berada di ruang engkol(dibawah torak), dihasilkan dengan memesang sebuah kompressor bilas(bisa juga dengan kompressor tekanan tinggi jika ingin berfungsi sebagi turbo/super charger) dimana kompressor ini hanya menyuplay udara murni ke ruang bakar.
    ini pernah saya ajukan sebagai bahan tugas akhir tapi sayang tidak ada dosen yang mau jadi pembimbing saya.
    atau teknologi ini sudah ada ya????

  13. Dina [ 27 May 2008 09:02 ]

    Klo msin motor 2tak ama 4tak apa bedanya..Pliz jwb cpat y..

  14. dr cip [ 19 Jun 2008 00:49 ]

    gambar2 pendukungnya mana

  15. andri [ 10 Sep 2008 02:49 ]

    Klo msin motor 2tak ama 4tak apa bedanya..Pliz jwb cpat y?

Beri Komentar




*

Copyright © 2007 gudangilmu.org • Powered by gadjahmada.com

Close
E-mail It